Kamis, 27 Januari 2011

7 UNIVERSITAS TERTUA DI DUNIA

1. UNIVERSITAS BOLOGNA
Kampus yang berlokasi di Italia ini nama aslinya Alma Mater Studiorum Università di Bologna, UNIBO. Arti Bologna adalah belajar yang lebih tinggi. Tanggal pendiriannya nggak pasti, yang jelas orang-orang percaya bahwa Universitas ini didirikan sekitar tahun 1088, tua abis kan?. Universitas ini merupakan universitas yang dibangun pertama di dunia. 



2. UNIVERSITAS PARIS
Nama Perancisnya adalah Université de Paris. Didirikan sebelum tahun 1100. Pada tahun 1970, Universitas ini terbagi menjadi 13 bagian jadi ada yang namanya Universitas Paris I sampai Universitas Paris XIII. Universitas Paris ini biasanya disebut sebagai Universtiy of Sorbonne atau La Sorbonne karena letaknya di kota Sorbornne, Perancis.
3. UNIVERSITAS OF OXFORD
Tempatnya di inggris kota Oxford. Universitas ini merupakan universitas berbahasa inggris tertua di dunia. University tumbuh pesat dari 1167 ketika Henry II melarang inggris menghadiri mahasiswa dari Universitas Paris. Nama gaul Universitas Oxford disingkat sebagai Oxon, ngambil dari bahasa Latin Oxoniensis, kadang juga dipanggil Universitas Oxf. Menurut QS World University Rankings versi Tesalonika pada tahun 2008, Oxford adalah universitas terbaik ke-4 di dunia, di setelah Harvard, Yale dan Cambridge. 

4. UNIVERSITAS MODENA & REGGIO EMILIA
Atau nama Italianya adalah Università degli Studi di Modena e Reggio Emilia letaknya berada di kota Modena dan Reggio Emilia,Italia. Universitas ini didirikan pada 1175, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 20.000 orang. Universitas ini dihentikan pada 1590-an karena kekurangan biaya.
 
5. UNIVERSITAS CAMBRIDGE
Adalah tertua kedua universitas di Inggris setelah Oxford dan keempat tertua di Eropa. Universitas ini di bangun setelah perselisihan antara mahasiswa dan penduduk kota Oxford pada tahun 1209, beberapa akademisi melarikan diri ke arah utara-timur yaitu ke kota Cambridge, lalu mereka ngediriin Universitas Cambridge. Makanya banyak orang menggabungkan nama Oxford dengan Cambrige dengan sebutan Oxbridge. Anak-anak Cambridge menyebut kampusnya dengan sebutan Cantab. Banyak tokoh-tokoh alumni Cambridge yang dapat merubah dunia dan menjadi ‘kiblat’ pendidilan di seluruh dunia, contohnya Sir Isaac Newton, sang penemu evolusi Charles Darwin, penemu mekanika kuantum Paul Dirac dan masih banyak lagi. 

6. UNIVERSITA SALAMANCA
Nama aslinya adalah Universidad de Salamanca. Universitas ini terletak di kota Salamanca, sebelah barat Madrid dan dekat dengan Portugal. Universitas ini merupakan universitas tertua di Spanyol. Universitas Salamanca didirikan sebagai lembaga amal untuk para mahasiswa Spanyol agar bisa kuliah. Sebagian besar kampus ini dihancurkan oleh pasukan Napoleon, tapi zaman sekarang ada yang jadi gedung fakultas dan ada yang jadi tempat tinggal penduduk sekitar. 

7. UNIVERSITAS  OF PADOVA
Nama resminya adalah Università degli Studi di Padova, UNIPD atau Venesia Università deli Studi de Padoa. Lokasinya berada di kota Padua, Italia. Universitas Padua adalah universitas tertua kedua di Italia. Universitas ini didirikan pada 1222 ketika sebuah kelompok besar mahasiswa dan dosen meninggalkan Universitas Bologna untuk mencari lebih banyak kebebasan akademik atau ‘Libertas scholastica’ bahasa kerennya. Di Universitas ini terdapat kebun raya bernama The Botanical Garden of Padova, yang didirikan oleh kampus pada tahun 1545 dan merupakan kebun raya tertua yang sampai hari ini bentuknya tidak berubah sesuai situs aslinya. Selain taman, universitas Padua juga mengelola sembilan museum, termasuk yang terkenal disini adalah Museum Sejarah Fisika. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons